Search in Here

Sabtu, 20 November 2010

MODUL INVOICING

            Modul ini diguankan untuk menangani transaksi penjualan barang/jasa serta rettur penjualan.  Dengan mengguankan modul ini, anda membuat bukti penjualan, faktur penjualan, dan memo kredit.

11. 1  Tujuan
1.      Menetapkan rincian produk/jasa yang dijual termasuk deskripsi, harga, rekening penjualan yang terpengaruh, menentukan apakah barang/jasa tersebut dikenai pajak pada saat membuat faktur.
2.      Membuat faktur penjualan untuk barang/jasa yang telah terdaftar.
3.      Membuat faktur penagihan untuk item-item yang bukan persediaan barang misalnya pengangkutan dan pengepakan.

10. 2 Teori
            Dalam perusahaan yang menggunakan metode buku (perpetual) untuk pencatatan persediaan, retur penjualan menimbulkan masalah tersendiri.  Bila retur penjualan sering terjadi perlu dibuatkan reeking cadanan retur penjualan.  Saldo rekening cadang retur penjualan ini dalam neraca akan dicantumkan mengurangi piutang.

10. 3 Menghapus Data Faktur atau Memo Kredit
1.      Dari jendela invoicing klik faktur atau memo kredit yang akan dihapus
2.      Klik tombol delete, DEA akan menampilkan konfirmasi peghapusan
3.      Klik yes untuk menghapus

11. 4  Product Invoices
      Membuat Faktur atau Quote
  1. Dari jendela invoicing klik tombol clear
  2. Klik tombol product invoices
  3. Angka pada isian invoice no. menunjukkan nomor faktur/quote dan bisa dirubah sesuai dengan faktur yang ada.
  4. Klik tombol clear
  5. Isikan informasi yang ada sesuai  dengan data perusahaan
  6. Klik Ok
  7. Isikan baris berikutnya pada faktur dengan cara yang sama.
  8. Klik save
  9. Klik close.
Mengedit Faktur atau Quote
  1. Jika anda berada pada jendela invoicing, klik faktur atau quote.  Kemudian klik ikon Product Invoice
  2. Editlah informasi yang anda inginkan.
  3. Klik save untuk menyimpan
  4. Klik Close

11. 5 Backorder
       Adlah suatu kondisi ynag muncul pada saat penjualan melebihi jumlah barang  yang tersedia untuk dijual.  Menangai produk backorder dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
1.      Ganti jumlah yang dijualdenga jumlah ynag memnuhi persediaan jika perlu.
2.      Baris ynag mempunyai kondisi backorder akan ditampilkan di faktur dengan warna merah.
3.      Klik save untuk menyimpan data
4.      Klik close untuk kembali ke jendela partial

11. 6 Service Invoices
       Mencatat Faktur Jasa atau Quote
1.      Dari jendela invoicing klik clear
2.      Klik ikon service invoice
3.      Isikan semua data sesuai dengan pedoman informasi data perusahaan.
4.      Klik save
5.      Klik close
Mengedit Faktur/Quote Jasa
1.      Dari jendela invoicing, klik baris pada faktur/quote yang akan anda edit
2.      Klik ikon service invoice
3.      Editlah informasi yang terdapat pada quote tersebut dengan penjelasan yang sama dengan cara membuat data faktur
4.      Anda juga bisa mengaktifkan faktur/quote tertentu dari kotak dialog service invoice dengan cara langsung mengisikan nivoice no. dengan nomor yang diedit.

11. 7 Pilihan Product Credit Memo
        Anda dapat menggunakan fasilitas pada pilihan ini untuk mencatat retur penjualan terhadap barang yang telah dijual ke pelanggan
      Mencatat Memo Kredit untuk Retur Penjualan Barang
1.      Dari jendela invoicing klik clear
2.      Klik Product credit
3.      Isikan informasi yang tertera
4.      Anda bisa memilih tab-tab lainnya atau clear untuk membatalkan pengisian
5.      Klik save untuk menyimpan memo kredit tersebut.
6.      Jika telah selesai klik close
Menambahkan Informasi Pengiriman Barang dan Discount Menggunakan Tab Footer Details
1.      Dari jendela invoicing pilih data product credit memo yang dikehendaki
2.      Klik ikon product credit memo
3.      Klik tab footer details
4.      Klik save
5.      Klik close

11. 8 Service Credit Memo
      Pilihan ini dapat digunakan untukmembuat dan mencatat memo kredit untuk jasa yang diberikan perusahaan anda kepada pelanggan.
     Mencatat Memo Kredit untuk Retur Penjualan Jasa
1.      Dari jendela invoicing klik clear
2.      Klik Product Credit
3.      Isikan semua informasi pada tabel yang ada.
4.      Anda bisa memilih clear atau tab yang ada untuk emmbatalkan
5.      Klik save
6.      Klik cloe

11. 9 Pilihan Update Ledger
       Digunakan untuk memposting informasi ynag terdapat dalam memo kredit atau faktur ke dalam rekening GL.
1.      Pilih faktur atau memo kredit yang akan diposting
2.      Klik ikon update ledger
3.      Klik tombol radio output yang anda inginkan
4.      Setelah itu klik Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar