Search in Here

Sabtu, 20 November 2010

Menyusun Laporan


Sasaran akhir dari proses akuntansi adalah Laporan Keuangan. Dengan bantuan komputer berbagai bentuk laporan dapat dibuat dengan mudah. Sering saya melihat laporan yang dibuat oleh bagian Akuntansi menggunakan aplikasi serbaguna Microsoft Excel sulit untuk dipahami karena berbagai informasi disimpan dalam workbooks kadang-kadang disusun dalam satu worksheet. Dengan kemampuan Excel pemakai cenderung berpeluang untuk mencatat informasi sebanyak-banyaknya yang pada akhirnya bermuara pada titik yang rumit dan sulit dimengerti.  Untuk melakukan proses print perlu dilakukan seleksi terhadap range tertentu sesuai keperluan.
Bila personal tersebut tidak lagi menanngi hal tersebut maka personal penggantinya akan mengalami kesulitan besar untuk memahami worksheet tersebut yang pada akhirnya informasi tersebut berpeluang tidak dapat dimanfaatkan lagi. sekalipun masih tetap berada di dalam komputer.
Berbeda dengan sistem akuntansi komputer, dimana pada sistem akuntansi komputer data tersimpan dalam bentuk database. Pembuat software telah mendesain prosedure untuk mebaca dan menulis data dari dan ke database serta menyediakan bentuk laporan tertentu dalam berbagai variasi dimana pemakai tinggal memilih laporan apa yang diperlukan. Variasi tersebut dibutuhkan untuk mangakomodasi kebutuhan pemakai yang berbeda. Pemakai juga dapat membuat report tambahan menggunakan software report design.
Dari pengamatan di banyak tempat dan komentar teman dari staf akuntansi umumnya terlihat mereka pada super sibuk. Banyak saya dengar keluhan pimpinan perusahaan yang mengatakan bagian akuntansi & keuanganya mereka selalu terlambat memberikan laporan.  Bukan hanya itu banyak salahnya lagi… Keterlambatan rekening koran masih dapat digunakan oleh banyak akuntan untuk menuntupi keterlambatan mereka. Proses transaksi yang kadang-kadang lama juga merupakan alasan yang dapat diterima, namun apakah penyebab sesungguhnya keterlambatan tersebut mereka tidak dapat menemukannya dengan pasti.
Dengan Aplikasi akuntansi user hanya mencatat transaksi selanjutnya proses mencatat jurnal, posting ke buku besar serta menyusun laporan dilakukan oleh komputer. Bagaimana anda yang masih mengolah akuntansi dengan metoda manual, pekerjaan mencatat jurnal transaksi saja sudah sangat melelahkan, lalu dilanjutkan dengan menyusun berbagai macam laporan, Kapan bisa anda selesaikan sedangkan volume transaksi perusahaan saat ini begitu banyak. 
Pada aplikasi Akuntansi yang saya tawarkan pada anda telah disediakan bentuk laporan sebagai berikut :
1.     Laporan Aliran Kas 
2.     Laporan Saldo Kas
3.     Laporan Penerimaan Kas 
4.     Laporan Pengeluaran Kas 
5.     Laporan Penarikan Tunai
6.     Laporan Setoran Tunai
7.     Laporan Kas Kecil 
8.     Analisa Saldo Kas
Laporan Penjualan
1.     Sales Order
2.     Pengiriman
3.     Penjualan
o    Total Invoice
o    Total Customer
o    Detail
o    Per Customer
o    Per sales
4.     Harga Pokok
5.     Piutang Dagang
6.     Analisa Piutang
o    Jatuh Tempo
o    Akan Jatuh Tempo
7.     Analisa Transaksi Penjualan
8.     Lampiran Pajak Keluaran
Laporan Pembelian
1.     Purchase Order
o    Total Po
o    Detail
2.     Penerimaan
o    Total Penerimaan
o    Total Supplier
o    Detail
o    Pewr Supplier
3.     Hutang Dagang
4.     Analisa Umur Hutang
5.     Analisa Transaksi Pembelian
6.     Lampiran Pajak Masukan
Laporan Persediaan
1.     Posisi Persediaan
2.     Mutasi Persediaan
Laporan Utama
1.     Jurnal Transaksi
2.     Buku Besar
3.     Rugi/Laba
o    Periode Bulanan
o    Akumulasi
4.     Neraca
1.                 Neraca Utama
2.                 Perubahan Modal
3.                 Neraca Perbandingan
Grafik:
Disamping bentuk laporan tersebut juga tersedia visual grafik untuk informasi, Penjualan, Pejualan sales tertentu, Pejualan Customer tertentu, Pembelian, Aliran kas, Pembelian & Penjualan, Piutang & Hutang dan beberapa Grafik pada rekening rugilaba. Semua dapat divisual dalam hitungan detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar