Search in Here

Sabtu, 20 November 2010

MODUL BANK (PRAKTIKUM AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH)


4. 1  Tujuan
            Mahasiswa diarahkan mampu menangani semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran uang melalui rekening bank. Dapat melihat posisi saldo di bank dan dampak transaksi terhadap saldo bank.

4. 2  Teori
            Apabila setiap peneriman uang disetor ke bank dan setiap pengeluaran uang menggunakan cek maka rekening kas akan dapat dibandingkan dengan laporan bank.  Biasanya laporna bank diterima bulanan dan akan direkonsiliasikan dengan catatan kas.  Agar berguna untuk mengetahui penerimaan atau pengeluaran yang sudah terjadi di bank tetapi belum dicatat oleh perusahaan.

4. 3 Setup Rekening Bank, Kartu Kredit, dan Rekening Kas
        Langkah-langkah utnuk mengedit rekening bank:
1.      Pilih modul bank
2.      Dari menu Bank Account klik bank card isikan fiel-field yang ada dengan mengacu pada:
a.       Code : sebaiknya kisaran 1100 hingga 1199
b.      Account name
c.       Current balance, minium limit
d.      Account type : ada 3 jenis bank account, cash account dan credit card account
e.       Next deposit : terisi otomatis tergantung transaksi penerimaan kas
f.       Next check : Berisi check secara otomatis
g.      No. Bank Reconsilation : klik agar DEA tidak melakukan rekonsiliasi
3.      Clear untuk membatalkan data. Lalu simpan Save
4.      Close

4. 4  Mengisi Saldo Awal
  1. Klik tombol O/B pada field current balance
  2. Pilih Yes untuk mengisi saldo awal
  3. Save tampilan akan kembali ke bank card
  4. save pada bank card

4. 5 Mengisi Data Detail Rekening
  1. Pada posisi kartu bank, pilih Bank Deposit
  2. Isikan data sesuai sebagai berikut:
a.       Bank Name
b.      Address 1, Address 2
c.       City, state, zip code
d.      Account Name: nama rekening bank
e.       Account Number : nomor kode, Sort Code, Expiration Date
  1. Save
  2. Close

4. 6 Rekonsiliasi Saldo Bank
  1. Klik Bank Reconsiliation
  2. Pada Layar Contoh terlihat rekening yang perlu direconsiliasi
  3. Caranya klik salah satu rekening otomatis tertera Uncleared Items, Reconcile Balance maupun Difference akan berubah menunjukkan perbedaan
  4. Adjustment
  5. Isikan Penyesuaian
  6. Save  pada jendela reconsiliation

4. 7 Pembayaran dengan Check
1.      Dari modul bank, tentukan rekening  yg dimaksud
2.      Klik expense check
3.      Pada jendela expense check terbagi dua bagian yaitu area pembayaran cek dan tabel transaksi isilah sesuai ketentuan.
4.      Pastikan nilai yang tertera pada field total allocated sama pad afield $
5.      Clear untuk membatalkan. Jika ingin memproses pilih save.
6.      Close

4. 8 Pembayaran Faktur Pemasok
1.      sorot rekening yang akan dibayar pada Bank Accounts. Klik tombol vendor check
2.      Pilih payee, ketikkan finder untuk menemukan kode rekening atau pilih new.
3.      Isikan data yang sesuai pada filed
4.      Setelah selesai mengisikan pembayaran hutang pilih Save
5.      Close

4. 9 Pencatatan Pendapatan Luar Usaha
1.      Pilih Bank Account klik cash deposit
2.      Isikan field yang ada
3.      Jika ingin membatalkan pilih clear, lalu save
4.      Close

4. 10  Pencatatan Pembayaran dari Pelanggan
1.      Dari tampilan bank account klik customer deposit.
2.      Pada field kode rekening isikan kode rekening pelanggan.
3.      Isikan field yang tampil pada layar.
4.      Isikan nilai uang pada field payment.
5.      Jika ada potongan  atas suatu item transaksi maka isikan pada field discount
6.      Pilih save untuk memproses
7.      Close

4. 11 Transfer Antar Rekening Bank
1.      Klik bank transfer
2.      Isikan field yang ada
3.      Pilih save untuk memproses
4.      Close
4. 12  Register dan Report
1.      Dari bank pilih Register
2.      Anda dapat mengedit transaksi yang ada.
3.      Klik save untuk memproses
Untuk Report :
1.      Pilih Report hingga muncul tampilan dengan judul Bank Report.
2.      Klik laporan yang and maksudkan
3.      Isikan data yang sesuai pada field yang tersedia.
4.      Klik Ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar