Search in Here

Sabtu, 20 November 2010

MENU DEFAULTS (PRAKTIKUM AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH)



            Tujuan
Mahasiswa dapat mengubah kondisi  yang digunakan oleh DEA agar dapat menjalankan operasi  sesuai dengan operasional perusahaan.

            Teori
Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

            Company Preferences
            Mengubah atau menampilkan Rincian perusahaan
  1. Pilih defaults/company preferences
  2. Klik pada tab details kemudian isikan atau ubah nama sesuai yang diinginkan
  3. Klik Ok atau cancelutnuk membatalkan
            Mengedit label
  1. Klik tab labels
  2. Muncul tabel yang akan diedit
Address Lines 1-5.  Digunakan dalam customers, vendors, dan bank cards.
Customer Analysis 1-3.  Digunkan untuk mengurut dan mendefenisikan customers.
Vendor Alaysis 1-3.  Digunkan untuk mengurutkan dan mendefinisikan pemasok.
  1. Ok

3. 4  Periode Akuntansi
  1. Pilih menu Defaults/Financial Year.
  2. Muncul kotak dialog berisi periode sesuai yang diinginkan
  3. Klik drop-down berisi bulan January untuk mengisi bulan yg diinginkan.
  4. Ketiklah tahun yang dikehendaki
  5. Ok

3. 5  Tarif Pajak
  1. Pilih menu default/Tax Codes
  2. Setelah itu klik pada code yang diinginkan, lalu klik edit.
  3. Isi tariff pajak kemudian Ok
  4. Close

3. 6  Default Untuk Pelanggan
  1. Pilih menu defaults/customer defaults
  2. Isikan informasi berikut:
    1. Departement, untuk menetapkan kode serta nama departemen
    2. Credit limits, isikan batas kredit untuk kebanyakan pelanggan anda, nilai maksimum yang dimasukkan adalah 99,999,9999.99.
    3. Terms, isikan syarat-syarat pembayaran misal “2/10, n/30”
    4. Payment due, jumlah hari yang biasa diberikan untuk pelanggan membayar faktur
    5. Sett. Days, isikan jumlah hari saat discount masih berlaku.
    6. Sett. Discount, isikan persentase discount dari Sett. Days.
    7. Sales Account, isikan kode rekening atau gunakan fsilitas finder untuk mencari kode rekening default yang digunakan untuk menampung penjualan.
    8. Tax Code
    9. Currency
    10. Additional Disc
  3. Ok

3. 7  Default Untuk Pemasok
  1. Pilih defaults/vendor defaults
  2. Akan timbul kotak dialog dan isikan:
    1. Departement
    2. Credit Limit
    3. Terms
    4. Payment Due, isikan jumlah hari biasanya pemasok menetapkan jatuh tempo pembayaran.
    5. Sett. Days
    6. Sett. Discount, isikan antara 0 – 99.99%
    7. Expense Account
    8. Tax Code Currency
     3.  Ok
 Menetapkan default periode saldo umur piutang:
1.       Dari kotak dialog vendor, klik tab periods.  Jika anda mengaktifkan kotak Use Calender Months maka  anda menginginan untuk menghitung umur utang berdasarkan kalender bulanan.
2.       Isilah aged Period (1 – 4) Days Otstanding
3.       Ok

3. 8  Product Defaults
1.      Pilih defaults/product defaults
2.      Maka tampil  pilihan:
a.       Sales account, untuk menampung penjualan
b.      Taxable, aktifkan jika produk terkena pajak
c.       Unit of Sales, satuan dari produk
d.      Category
e.       Departement
3.      Ok

3. 9  Currency
            Pilih menu default/currency, klik nomor yang diinginkan untuk dirubah, klik edit, lalu Ok.

3. 10  Departement
1.      Pilih defaults/departement
2.      Pilih baris yang dikehendaki
3.      Klik tombol edit
4.      Ok untuk menyimpan

3. 11 Menambah atau Menedit Kategori Produk
1.      Pilih menu defaults/product categories
2.      Klik pada baris yang dikehendaki
3.      Edit
4.      Isikan kategori produk tersebut
5.      Ok
6.      Close

Tidak ada komentar:

Posting Komentar