Search in Here

Selasa, 11 Oktober 2011

Menulis adalah Proses Bernalar


Setiap hari dan setiap saat kita selalu berfikir dan bernalar. Dimanapun dan kapanpun kita selalu bernalar. Salah satu cara bernalar bisa melalui menulis. Dengan menulis apa saja, misalnya menulis diary, menulis artikel atau mengerjakan tugas dengan menulis merupakan contoh dari proses bernalar.
                                                                             
            Menulis mungkin paling tidak disukai oleh banyak orang. Namun menulis merupakan kegiatan yang cukup penting dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari usaha untuk menguasai suatu bahasa dengan baik. Menulis suatu halk misalnya karya ilniah, artikel, gagasan, dll juga penting agar kita dapat mengembangkan berbagai gagasan dan memperluas wawasan baik secara teoritis maupun mengenai fakta-fakta yang berhubungan.

            Penalaran merupakan proses berfikir yang sistematik untuk memperoleh kesimpulan berupa penegtahuan. Dalam kegiatan penalaran dapat bersifat ilmiah dan bersifat non ilmiah. Sedangkan menurut prosesnya, penalaran dibagi menjadi penalaran induktif dan penalaran deduktif.

Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Sedangkan penalaran deduktif biasanya dimulai dengan suatu premis yakni pernyataan dasar untuk menarik kesimpulan.

1 komentar:

  1. teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma.

    BalasHapus