8. 1 Tujuan
Mahasiswa dapat merinci dan mengklasifikasi semua utang perusahaan kepada masing – masing pemasok.
8. 2 Teori
Hutang lancar meliputi dua pengertian. Kedua pengertian tersebut adalah (1) semua hutang yang timbul dari kegiatan ynag berhubungan dengan siklus operasi perusahaan dan terhutang dalam jangka waktu siklus tersebut (2) semua hutang yang akan dilunasi dalm waktu satu tahun. Hutang lancar ini mempunyai klaim atas aktiva lancar
8. 3 Vendor Card
Menambah Data Pemasok
1. Dari jendela vendors klik tombol clear
2. Klik ikon vendor card
3. Isikan informasi yang diperlukan pada tempat sian yang sesuai
4. Klik Save untuk menyimpan data pemasok, clear untuk membatalkan.
5. Close, muncul konfirmasi klik yes untuk keluar tanpa menyimpan, no untuk kembali ke jendela card.
Menghapus Data Pemasok
1. Dari jendela vendors,pilih pemasok yang akan dihapus dengan cara mengklik pada pemasok yang diinginkan.
2. Klik tombol delete
3. DEA akan menkonfirmasi ulang, klik yes untuk menhapus, no untuk membatalkan.
Mengedit Data Pemasok
1. Dari jendela vendors aktifkan pemasok yang akan diedit.
2. Klik ikon card
3. Data pemasok akan muncul di jendela card.
4. Editlah bagian-bagian yang adiinginkan.
5. Klik save
6. Klik Close
Mengisikan Saldo Utang Awal Kepada Pemasok
1. Aktifkan data pemasok yang akan di isikan. KLik baris tempat pemasok tersebut lalu klik ikon vendor card.
2. Jika data pemasok baru maka harus melengkapi isian datanya
3. Klik vendor balance
4. Jika sudah menyimpan rincian data pemasok tersebut maka DEA akan menampilkan kotak dialog saldo awal
5. Klik save
6. Close
8. 4 Pilihan Activity
1. Dari jendela vendors, pada daftar pemasok klik baris tempat pemasok yang akan dilihat transaksinya.
2. Klik ikon activity
3. Tulis area transaction range dan date range
4. Klik Ok, maka DEA akan menampilkan daerah aktivitas.
8. 5 Pilihan Aging
1. Klik ikon Aging, DEA akan menmapilkan kotak dialog
2. Klik Ok, DEA akan menampilkan jendela aged balance yang berisi daftar utang kepada pemasok
3. Klik close untuk menutupnya.
8. 6 Batch Invoices
Pilihan ini dihunakan untuk mengisikan faktur yang anda terima dari pemasok secara manual. Langkah-langkah yang ditempuh :
1. Dari jendela vendors klik ikon batch invoices
2. Isilah data yang tampil yakni: code, name, date, Ref, account, name, dept, details amount, sub total, tax, total.
3. Klik save apabila telah selesai
8. 7 Batch Credits
Pilihan ini digunakan untuk mengisikan memo kredit yang anda terima dari pemasok anda. Pilihan ini mempunyai penjelasan yang sama denga batch invoices, hanya saja pilihan ini dipergunakan untuk mengisi memo kredit.
8. 8 Label dan Letter
Label
Pilihan ini digunakan untuk mencetak label yang berisi nama serta alamat pemasok dengan tujuan untukemmpermudah berkorespondensi dengan pemasok. Langkah yang dilakukan yakni pilih terlebih dahulu pemasok yang akan dicetak lebelnya, DEA akan menampilkan jendela untuk menetapkan pilihan, kemudian klik Run
Letter
Pilihan ini dapat digunakan untuk menampilkan atau mencetak surat-surat tertentu kepada pemasok. DEA menyediakan fasilitas untuk mencetak surat tersebut. Untuk menampilkan dan mencetak surat, pilih layout yang anda inginkan kemudian klik output yang anda inginkan kemudian klik run.
8. 9 Report
Untuk bekerja dengan laporan anda dapat mengklik ikon reports pada jendela modul vendors. Untuk menampilkan anda dapat memilih template pada daftar layout sesuai dengan jenis laporan yang akan dicetak kemudian klik run
Tidak ada komentar:
Posting Komentar